9th Islamic Book Fair : Islamic Child Multiple Intelligence Series

14 Mar 2010

dsc036901Meski tidak bisa dibilang seorang penggila buku atau pecinta buku sejati, tapi saya bisa dibilang lumayan rajin dan hobi “menyambangi” pameran-pemeran buku yang sedang diselenggarakan lho, hehehe. Dan salah satu pameran buku yang saya sendiri merasa “wajib” untuk menyambangi adalah Islamic Book Fair, yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya di Istora Senayan. Hehehe, pokoknya saya ngga boleh kelewat deh untuk pameran buku yang satu ini :) Dan seperti biasa, kalau pergi ke pameran buku ini … adaaaaa saja akhirnya buku yang dibeli. Hahaha, namanya juga pameran ya … diselenggeraka kan memang untuk menjaring pembeli ya :p

Kali ini buku yang saya beli di pameran adalah Islamic Child Multiple Intelligence Series atau Seri Kecerdasan Majemuk Anak Islam. Setelah sekian lama mencari buku yang “pas” untuk mendukung kegiatan afterschoolingnya Aliyyah dan sempat dibuat bingung memilih antara buku Ensiklopedi Bocah Muslim, Atlas Bergambar, Its My World, dan beberapa buku sejenis yang lain … alhamdulillah akhirnya menemukan buku yang lebih mendekati dengan tipe buku yang sedang saya cari dan perlukan ini :)

Buku yang disusun oleh Tim PAUD Universitas Al Azhar Indonesia dan diterbitkan oleh Indocam Prima ini, Islamic Child Multiple Intelligence Series (Seri Kecerdasan Majemuk Anak Islam), sesuai judulnya didesain berdasarkan prinsip-prinsip kecerdasan majemuk. Terdiri atas 10 seri, masing-masing buku “mengusung” satu tema cerdas, yakni : 1. Cerdas Gerak Tubuh 2. Cerdas Gambar dan Ruang 3. Cerdas Bahasa 4. Cerdas Logika dan Angka 5. Cerdas dalam Musik 6. Cerdas Intrapribadi 7. Cerdas Antarpribadi 8. Cerdas Memahami Alam 9. Cerdas Moral: Cerdas Beribadah dan 10. Cerdas Moral : Cerdas Iman.

Yang beda tapi bagus dari buku ini adalah karena setiap serinya terdiri dari satu buah Buku Besar dan satu buah Buku Kecil. Buku Besar merupakan pegangan bagi orangtua/guru/tutor untuk mengasah dan mengembangkan kecerdasan majemuk anak, sedangkan Buku Kecil merupakan buku kerja yang akan digunakan oleh anak/murid/peserta didik untuk mempraktikkan materi pengajaran yang diberikan oleh orangtua/guru/tutor agar bisa lebih memahami isi materi.

Dibanderol dengan harga 50 ribu perseri, buku ini bisa dibilang murah tapi sekaligus mahal. Murah karena isinya cukup berkualitas dan lengkap. Tapi juga mahal karena kertasnya softcopy alias tipis. Memungkinkan sekali cepat sobek kalau pemakaiannya tidak hati-hati. Apalagi kalau yang pakai anak-anak kayak Aliyyah yang masih suka “gemas” menyobek dan meremas-remas :(. Untuk buku-buku “bagus” seperti itu (khususnya yang Buku Besar), menurut saya lebih bagus kalau kertasnya hard copy. Akan lebih awet … jadi bisa dipakai buat misalnya kelak adik Aliyyah, hehe. Soale kalau belinya lengkap 10 seri, jatuhnya kan lumayan mahal. Sayang kalau hanya bisa dipakai sekali karena mudah rusak atau kusam. Harusnya penerbit mencontoh buku-buku seri anak yang bagus lain seperti Halo Balita, Ensiklopedi Bocah Muslim, dan yang sejenis. Sedikit mahal tapi jelas bikin awet :)


TAGS buku referensi kecerdasan majemuk


-

Author

Follow Me